Rabu, 09 April 2014

cara mengatasi komputer lambat

hai sobat semu, mungkin kalian suka kesal apabila komputer yang kalian pakai tiba-tiba lambat dan tidak tahu kenapa, tapi tenang di bawah ini ada penyebab komputer kalian lambat cekidotttt


KUMPUTER LAMBAT KARENA :


1.kurangnya memoryMasalah komputer lambat karena kurangnya RAM yang terpasang umumnya sudah diketahui oleh semua pengguna komputer .
 Coba kalian periksa memory yang terpasang,untuk Intel Pentium 4 kelas komputer dengan OS Windows XP dan upgrade aplikasi adalah standar harus minimal 1 GB memori .


 2. terlalu banyak program yang diinstall
 Periksa program apa yang diinstal pada komputer dengan mengklik Add / Remove Programs di Control Panel dan un-install program-program yang hanya " accesories " tersebut.


3.terlalu banyak program dan layanan startup yang berjalan
 masalah ini berkaitan dengan no 2.semakin banyak program yang diinstal , semakin banyak program dan layanan yang akan dijalankan ketika windows startup.
Untuk menonaktifkan program dan layanan yang berjalan secara otomatis startup , pergi ke " System Configuration Utility" dengan mengetikkan : msconfig pada menu run , kemudian pada tab layanan dan hapus centang startup lakukan terhadap aplikasi yang tidak diperlukan .
Untuk melihat aplikasi apa saja yang berjalan , kita dapat menggunakan alat Prosesexplorer . Dengan alat ini kita dapat melihat dan menonaktifkan ( kill ) aplikasi yang tidak diperlukan atau dicurigai sebagai virus .ProcessExplorer.



4.temporaryfile yang membengkak
 Penyebab komputer lambat yang sudah membengkak menjadi empat file-file sementara ( temporary ) . Untuk Windows Xp lokasi file tersebut di: " C : \ Documents and Settings \ nama_user \ Local Settings \ Temp " dan " C : \ WINDOWS \ Temp " .
Untuk membersihkannya , menghapus file ditemukan di kedua lokasi atau menjalankan program Disk CleanUp dengan mengklik start- run, ketik: " cleanmgr " lalu pilih drive yang ingin pembersihan .



5. terlalu banyak program yang berfungsi sebagai " program keamanan "Program keamanan seperti program antivirus dan firewall merupakan aplikasi tambahan yang harus ada pada komputer , tapi jangan terlalu berlebihan misalnya dengan menginstal program antivirus juga 2-3 .


6.masalah pada hard diskHDD adalah komponen kedua setelah RAM yang bisa menyebabkan komputer menjadi lambat . Masalah komputer lambat disebabkan oleh hard drive ini seperti :- Ruang disk Rendah- Hard drive terfragmentasi- Hard drive Old , sehingga rpm menurun- Error Hard drive / bad sector.
Cara mengatasi komputer lambat karena masalah hard drive di atas adalah :- Upgrade kapasitas hardisk dengan menambah atau mengganti hard drive- Lakukan Defragmenter pada hard disk secara teratur- Hindari hard disk dari debu, guncangan dan overheating .- Perbaikan kerusakan pada hard drive dengan alat checkdisk .


7.malware atau spyware pada komputer .Ketika komputer pertama kita punya virus atau malware , maka Anda harus menjalankan Safe Mode Windows, mematikan sistem fasilitas dan program penggunaan seperti Virus Cleaner Norman Malware Cleaner untuk membersihkan virus atau malware mengembalikan dan juga melakukan update pada operasi sistem 


8.ada yang rusak atau bahkan hilang .Biasanya terjadi setelah komputer terinfeksi virus dan file yang terinfeksi yang sudah rusak atau menghapus oleh antivirus . Solusi termudah adalah untuk memperbaiki sistem operasi yang digunakan .


9.masalah overheating .Hardware overheat baik itu terjadi pada hard disk, kartu VGA , processor atau cpu secara umum bisa menyebabkan penurunan kinerja komputer yang akhirnya menjadi komputer hang , restart lambat atau bahkan sering. Untuk memastikan bahwa sirkulasi udara pada bagian dalam CPU berjalan dengan baik serta pada kipas ( fan ) harus bersih dari debu dan dapat berputar dengan lancar .


10.masalah pada jaringan / networkHal ini bisa terjadi karena lalu lintas yang tinggi jaringan , hub atau switch yang hang atau adanya virus yang mencoba masuk ke sistem komputer kita . Untuk mengatasinya, coba lepas dan pasangkan kembali konektor LAN RJ45 LAN Card atau Roset , restart port switch / hub scanner dan menggunakan program untuk melihat apa paket data masuk dan keluar dari komputer kita .
Mungkin itu beberapa hal dan bagaimana untuk mengatasi penyebab komputer lambat yang saya dapat menyimpulkan berdasarkan pengalaman yang sering saya temui .
 
 





 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar